Mengambil Langkah Inisiatif
Taking Initiative

Cara Menciptakan Budaya Proaktif di Lingkungan Perusahaan

Manfaat Bagi Anda

Inisiatif—Anda akan tahu saat melihatnya. Karyawan yang mengambil langkah inisiatif akan memilih untuk bertindak daripada bereaksi. Mereka menyelesaikan tugas tanpa diberi tahu, mereka melihat peluang dan memanfaatkannya, dan mereka tahan banting dalam menghadapi rintangan.

 

Menurut sebuah studi oleh Dan Schawbel dan American Express, 73% manajer menginginkan karyawan yang terus mencari cara agar perusahaan dapat terus berkembang atau memanfaatkan peluang. Mengambil langkah inisiatif akan menguntungkan baik bagi individu maupun bagi organisasi. Individu yang mengambil langkah inisiatif akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang dapat mendorong kemajuan pekerjaan atau promosi, dan dipandang sebagai seorang pemimpin, terlepas dari posisi atau tingkat otoritas yang dimilikinya.

 

Karyawan yang memiliki inisiatif mencerminkan budaya proaktif. Organisasi cenderung tidak menjadi "dinosaurus" dengan sikap "kami selalu melakukannya dengan cara itu". Inisiatif karyawan dapat membuat perbedaan dalam banyak hal, beberapa di antaranya termasuk kepuasan pelanggan yang lebih besar, penghematan biaya, ide produk baru, dan keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik.

 

Di satu sisi, mengambil inisiatif hanyalah melakukan apa yang perlu dilakukan tanpa diminta. Organisasi menghargai karyawan yang menyadari bahwa mesin fotokopinya rusak dan perlu dibenahi, yang menindaklanjuti pelanggan setelah menyelesaikan sebuah masalah, yang mengajari diri mereka sendiri cara menggunakan program perangkat lunak terbaru sehingga mereka dapat membantu orang lain, dan lain sebagainya.

 

Program ini, kiranya, menargetkan pengambilan inisiatif dalam skala yang lebih besar — ​​memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang membutuhkan investasi besar akan energi dan upaya Anda, untuk menghasilkan perubahan yang luas dan jangka panjang.

Tujuan Kursus

Keberhasilan Anda dalam menyelesaikan kursus ini akan meningkatkan kemampuan Anda untuk:

  • Menemukan kesempatan untuk mengambil inisiatif dengan mengantisipasi kebutuhan.

  • Melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi untuk mengembangkan ide Anda.

  • Menyampaikan ide Anda dengan percaya diri dan mendapatkan persetujuan yang diperlukan.

  • Menindaklanjuti ide Anda dengan langkah-langkah tindakan yang jelas.

Topik Utama yang Dicakup

Pembelajaran ini mengeksplorasi beberapa subjek berikut secara mendalam:

  • Bagaimana cara untuk menempatkan diri Anda, bagaimana menjadi sukarelawan, dan bagaimana fokus pada usaha sebagai cara untuk mengantisipasi kebutuhan yang sebenarnya diperlukan.

  • Menghasilkan ide untuk mengambil inisiatif dengan menggunakan keterampilan berpikir kreatif.

  • Membangun jaringan komunitas orang-orang yang dapat membantu mendukung pertumbuhan ide Anda.

  • Bagaimana cara menilai risiko dan mengembangkan rencana kontingensi/rencana cadangan untuk masalah-masalah dengan kemungkinan/ dampak yang tinggi.

  • Bagaimana menunjukkan akuntabilitas dan mempertahankan ketangguhan dalam menghadapi rintangan.

Apa yang Ditawarkan

  • Pembelajaran Interaktif.

  • Kesempatan untuk menerapkan konsep yang dipelajari dalam lingkungan yang bebas risiko.

  • Kumpulan materi lengkap: Panduan Instruktur, Panduan Peserta, Presentasi Slideshow Kelas, dan Ringkasan Pembelajaran.